Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PERBEDAAN MAKALAH, PAPER, DAN JURNAL ILMIAH

Bagi Anda yang masih duduk di bangku sekolah atau perguruan tinggi seringkali akan mendapatkan tugas yang disajikan dalam bentuk makalah. Sedangkan banyak sekali susunan atau kerangka yang beredar di masyarakat sekarang ini masih salah atau tepatnya masih belum sempurna. Ada sebuah susunan standart dengan elemen-elemen sebuah makalah yang harus ditaati. Sedangkan saat kita masih duduk di bangku SD/SMP susunan elemen ini masih ditolerir oleh para Guru, namun tidak untuk para Dosen di Perguruan Tinggi. Saat Anda di bangku perkuliahan, Anda akan dituntut menyusun sebuah makalah atau karya ilmiah dengan susunan yang sempurna. Baik dari urutan kerangka pembahasan, tata bahasa, format halaman, format gambar, format tabel dan masih banyak lagi aturan baku yang menjadikan makalah menjadi sebuah hasil karya ilmiah yang baik dan benar.

Pertanyaannya adalah "Bagaimana membuat makalah yang baik dan benar?". semoga artikel ini yang juga saya dapat dari sumber Om google dapat memudahkan Anda memahami cara menyusun sebuah makalah yang baik dan juga sesuai dengan pengaturan Badan Standardisasi Nasional (BSN) Indonesia. Let's Cek it out !!!!

Sebelum kita membahas bagaimana cara membuat sebuah makalah, ada pentingnya Anda mengenal lebih dalam tentang apa yang disebut makalah itu sendiri. Apa saja kategorinya dan Apa perbedaannya dengan Paper dan Jurnal Ilmiah? Banyak orang berpikir bahwa makalah, paper dan jurnal ilmiah adalah produk yang sama namun sebenarnya ketiga jenis karya tulis ini memiliki karakter dan tujuan yang berbeda.

Definisi Makalah
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, makalah diartikan dalam dua hal. Yang pertama adalah tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum di suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan. Yang kedua didefinisikan sebagai karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.
Jika kita ingin melihat lebih dalam arti makalah menurut beberapa ahli maka akan ada semakin banyak definisi. W.J.S Poerwadarminta pada tahun 1994 mengartikan makalah sebagai uraian tertulis yang membahas suatu masalah tertentu yang dikemukakan untuk mendapat pembahasan lebih lanjut.Tanjung dan Ardial juga mengartikan makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan disertai analisis yang logis dan objektif. 
Sedangkan Badan Standarisasi Nasional (BSN) menulis bahwa sebuah karya tulis disebut makalah jika memenuhi beberapa syarat berikut; makalah merupakan pemikiran sendiri, belum pernah dipublikasikan, mengandung unsur kekinian dan bersifat ilmiah.
Perbedaan Makalah, Paper dan Jurnal Ilmiah

Karakteristik sebuah Makalah
Makalah membahas atau menelaah suatu kajian literatur yang sudah ada atau dari laporan pelaksanaan kegiatan lapangan, Makalah umumnya dibuat untuk dipresentasikan pada suatu seminar, sidang, atau diskusi, dan  Bagian pokok yang harus ada pada makalah adalah Pendahuluan, Isi, dan Kesimpulan.
Karakteristik sebuah Paper
Paper berupa karya tulis ilmiah yang biasa digunakan untuk mendokumentasikan sebuah penelitian yang baru. Namun tidak menutup susunan paper juga digunakan untuk review penelitian yang sudah ada dan Terdiri dari tiga bagian pokok yaitu Topik, Data, dan Argumen.
Karakteristik sebuah Jurnal Ilmiah
Jurnal Ilmiah berupa media kumpulan karya ilmiah yang diterbitkan setiap kurun waktu tertentu. Sebelum di publikasikan, Jurnal Ilmiah  harus melewati proses peer-review untuk menyeleksi dan menentukan apakah sebuah paper atau makalah yang di submit ke jurnal tersebut layak diterbitkan atau tidak. Proses peer-review dilakukan oleh satu atau beberapa pemeriksa yang juga merupakan ahli atau akademisi di bidang yang dikaji.
Adapun cara penulisan yang benar adalah Sebagai berikut :
Bersambung...................
·         

Post a Comment for "PERBEDAAN MAKALAH, PAPER, DAN JURNAL ILMIAH"