Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

SMKI 2016 (SEMINAR MAHASISWA KEHUTANAN INDONESIA) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG


Seminar Nasional Mahasiswa Kehutanan Indonesia(SMKI) kembali digelar, setelah sebelumnya pernah di gelar SMKI 2013 di Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan Universitas Halu Oleo Kendari. kali ini Prodi Kehutanan Fakultas Pertanian-Peternakan (FPP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) kehutanan yaitu PC Sylva Indonesia UMM di beri kehormatan untuk menyelenggarakan SMKI tahun 2016.


SMKI dimulai dengan rangkaian acara Seminar Nasional  (Semnas) dengan tema “Pemanfaatan Jasa Lingkungan Berbasis Konservasi Dalam Pengelolaan Hutan” ber tempat di Auditorium UMM, Sabtu (7/5) yang di bawakan oleh pemateri dari Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutananan (KLHK), Ir. Muhammad Ali Wafa Pujiono MP, Sekretaris Badan Litbang KLKH, Dr. Ir. Bambang Tri Hartono MF serta Kepala Pusat Informasi Kehutanan Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB), Mutiono, S.Hut.
Rangkaian acara berlangsung selama 5 hari dimulai Sabtu tanggal 7 Mei sampai Rabu 11 Mei 2016, hari pertama dibuka dengan Seminar Nasional, hari kedua seminar hasil riset masing-masing Pengurus Cabang Sylva Indonesia dari seluruh PTN di Indonesia, hari ketiga dan keempat melakukan Field Trip ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), dan hari terakhir diadakan tour city ke Batu Secret  Zoo dan malam hari diadakan Malam keakraban bagi seluruh peserta SMKI 2016.

Ketua Pelaksana SMKI, Nofani Nur Husen mengaku sangat senang dan bangga bisa menyelenggarakan SMKI di lingkungan kampus putih ini, “ tidak semua pengurus cabang sylva bisa ditunjuk oleh pengurus pusat sylva, hanya jurusan kehutanan dari perguruan tinggi berkualitas dan siap, yang bisa dipercaya mengadakan SMKI ini” ujar Nofani.

Sementara itu, Kepala Prodi Kehutanan, Tatag Muttaqin S.Hut, M.Sc mengatakan SMKI merupakan wujud eksistensi dan gebrakan dari prodi kehutanan UMM untuk memajukan jurusan kehutanan di seluruh Indonesia khususnya Prodi Kehutanan UMM, “ Kehutanan UMM memang saat ini sedang sangat bergairah untuk terus berkontribusi dalam pengembangan keilmuan dan banyak melakukan riset, salah satunya dengan dibuatnya pusat riset hutan pendidikan bambu yang saat ini sedang di lakukan oleh kehutanan UMM” terang Tatag.

Selain itu ia juga berharap dengan adanya SMKI ini mahasiswa kehutanan di Indonesia dapat banyak melakukan riset terutama yang berkaitan dengan pemanfaatan hutan agar bisa bermanfaat bagi masyarakat.
 DELEGASI PC SYLVA INDONESIA

Peserta SMKI 2016 merupakan delegasi dari mahasiswa persatuan sylva Indonesia (mahasiswa kehutanan Indonesia). SMKI tahun ini dihadiri 74 Delegasi dari 24 Perguruan tinggi se-Indonesia yaitu PCSI Universitas Halu Oleo Kendari, PCSI Universitas Mataram, PCSI Universitas Hasanuddin Makassar, PCSI universitas Muhammadiyah Makassar, PCSI Universitas Tadulako Palu, PCSI Universitas Indonesia Timur, PCSI Universitas Gajah Mada, PCSI Universitas Mulawarman, PCSI Institut Pertanian Bogor, PCSI STIPER Yogyakarta, PCSI Universitas Bengkulu, PCSI Universitas Lampung, PCSI Universitas Sumatra Barat, PCSI Universitas Lambung Mangkurat, PCSI Universitas Kapuas, PCSI Institut Pertanian Malang, PCSI Stiper Kutai Timur, PCSI Stiper Wuna Raha, PCSI Universitas PalangKaraya,PCSI Universitas Tanjung Pura,  (itg/gas). 

DELEGASI PC SYLVA INDONESIA DARI SABANG SAMPAI MERAUKE
 DELEGASI PC SYLVA INDONESIA UNIVERSITAS HALU OLEO

KEGIATAN TOUR CAMPUS

fIELD TRIP KE TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU






Post a Comment for " SMKI 2016 (SEMINAR MAHASISWA KEHUTANAN INDONESIA) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG "