Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

TIPS MEMBUAT LATAR BELAKANG SKRIPSI

TIPS MEMBUAT LATAR BELAKANG SKRIPSI

Sebagai seorang mahasiswa, tentunya akan membuat yang namanya skripsi, makalah ataupun karya tulis ilmiah. Nah dalam menyusun semua itu yang paling penting adalah latar belakang. Latar belakang adalah bagian pendahuluan yang menjelaskan suatu masalah, mengapa itu penting untuk di ulas, solusi untuk memperbaiki dan atau penelitian penelitian terdahulu yang menjadi rujukan mengapa harus melakukan penelitian itu. 

Menyusun latar belakang biasanya dari umum ke khusus namun ada juga yang menyusun dari khusus ke umum. Berikurt langkah langkahnya. 

1. Mendeskripsikan tema penelitian secara umum

Deskripsikanlah tema penelitian kamu secara umum dan usahakan jangan sampai melebar dari fokus penelitian. Misalnya kamu akan meneliti mengenai "identifikasi tumbuhan obat" maka jelaskanlah mengenai tumbuhan obat itu apa,  manfaatnya apa, dan sudah sebanyak apa yang berhasil di identifikasi dan sertakan dengan data data dari sumber yang valid agar semakin mendukung penelitian kamu. 

2. Fokuslah Terhadap Masalah Utama

Fokuslah pada masalah tentang tumbuhan obat, misalnya tentang masih banyaknya yang belum teridentifikasi, Pemanfaatannya yang kurang higienis, kurangnya peran pemerintah mengembangkan tumbuhan obat, sehingga pada tahap berikutnya akan gampang menjelaskan bagaimana solusinya. Yang terpeting dukung dengan data data ya sobat..... 

3. Masukan teori terori atau hasil penelitian terdahulu

Penting untuk kita memasukan hasil penelitian terdahulu dalam latar belakang yang juga mendukung penelitian kita mengapa harus dilakukan. Masukanlah beberapa teori para ahli dan hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah penelitian.

BACA JUGA: TIPS MENENTUKAN JUDUL SKRIPSI
4. Jelskan Pentingnya Penelitian tersebut dilakukan

Bagian terpenting dari latar belakang adalah mejelaskan mengapa penelitian itu dilakukan, jelaskan lebih mendalam mengenai pentingnya pemecahan masalah itu, apa manfaat jika masalah itu bisa diatasi, dan apa dampaknya bagi masyarakat luas. 

Itulah langkah sederhana menyusun latar belakang. Semoga bermanfaat 
Jika Anda punya tips lainya mohon berbagi di kolom komentar.



Post a Comment for "TIPS MEMBUAT LATAR BELAKANG SKRIPSI"