Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

TIPS MENENTUKAN JUDUL SKRIPSI

Skripsi adalah mata kuliah yang beda dengan mata kuliah lain karna sifatnya yang lebih menantang dan menguji kemampuan menulis dan menganalis kamu. Skripsi selain sebuah karya tulis untuk menyelesaikan S1 juga merupakan hasil penelitian yang kamu lakukan sendiri dan bukan hasil Plagiat. Mahasiswa semester akhir biasanya akan bingung menentukan penelitian apa yang akan dia lakukan untuk  skripsi. Terkadang karna hal ini mahasiswa akhir menjadi GALAU hehehe........... 
Nah di bawah ini ada beberapa tips buat kamu mahasiswa semester akhir ataupun MAPALA agar dapat memutuskan judul skripsi yang pas buat kamu.

1. Pilihlah judul skripsi yang sesuai dengan minat kamu.
Semangat sangat dibutuhkan dalam mengerjakan sesuatu, begitupun dengan mengerjakan skripsi. Terkadang skripsi tidak akan pernah finish karna semangat yang semakin menghilang sebab yang dikerjakan bukanlah minat kita. Oleh karna itu hal pertama sebelum kamu menentukan judul skripsi adalah dengan mengetahui apa minat kamu.

2. Jalan jalan ke perpustakaan.

Hasil gambar untuk orang perpustakaan

Setelah kamu menentukan minat, langkah selanjutnya adalah berjalan-jalan ke perpustakaan. Melihat lihat skripsi senior angkatan juga bisa membantu kita dalam menentukan judul skripsi yang tepat buat kita. Bacalah dengan seksama dan tidak perlu dibaca semua cukup fokuskan pada masalah dan garis besar penelitian senior. Cara ini merupakan cara termudah untuk mendapatkan inspirasi judul skripsi. Tapi ingat jangan plagiat, cukup ambil inspirasi lalu modifikasi atau subtitusikan variabel penelitian pada fenomena yang belum diteliti sebelumnya.

3. Tidak ada salahnya bertanya pada senior. 

Hasil gambar untuk bertukar pikiran kakak senior

Sharing dengan senior adalah cara termudah mendapatkan inspirasi judul skripsi. Apakah kamu sudah punya ide namun masih ragu coba deh tanya senior kamu yang memiliki penelitian serupa lalu minta tolonglah agar dia menjelaskan sedikit tentang penelitiannya. Berdiskusilah secara interaktif, minta pendapat. Biasanya kamu akan mendapat sedikit gambaran apa yang harus kamu lakukan. 

4. Membaca jurnal online 

Hasil gambar untuk bertukar pikiran kakak senior

Selain mencari ide skripsi di perpustakaan ataupun kaka senior hal yang terpenting juga adalah mengorek ngorek jurnal penelitian terdahulu yang kira kira sesuai minat kamu. Baca dengan seksama korek sedalam dalamnya informasi yang ada. Tak jarang sebuah jurnal pasti ada kekurangan data atau tambahan informasi. Nah kamu bisa memanfaatkan celah itu sebagai judul skripsimu atau kamu bisa subtitusikan dengan bahan yang berbeda. Mengembangkan sebuah ide bukan berarti plagiat, terkadanga kamu juga bisa berperan dalam menyempurnakan penelitian yang sudah ada. 

5. Mintalah pendapat dari Penasehat Akademik atau dosen yang kamu senangi. 

Hasil gambar untuk Dosen bimbingan

Sudah punya ide, tapi masih ragu? tidak ada salahnya meminta pendapat kepada dosen penasehat akademik. Terkadang kamu akan semakin mendapat pencerahan tentang apa yang harus kamu lakukan dengan tema yang akan kamu tentukan. 

Itulah beberapa tips sederhana mentukan ide skripsi mahasiswa akhir. semoga bermanfaat. 

Post a Comment for "TIPS MENENTUKAN JUDUL SKRIPSI "