Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

EMPAT PRODUK OLAHAN BIJI KAKAO (TEOBROMA CACAO L)

KAKAO (Teobroma caco L.)

Kakao (Teobroma caco L.) adalah pohon budidaya di perkebunan yang berasal dari Amerika Selatan, namun sekarang ditanam diberbagai kawasan tropika. Biji kako adalah biji yang telah melalui perlakuan seperti fermentasi ataupun pengeringan dan siap untuk diolah. Biji kako merupakan bahan dasar dari pembuatan cokelat. Hasil olahan kakao terdiri dari empat bahan mentah siap olah, yaitu: 

Minyak Kakao (Cocoa Butter)

Hasil gambar untuk COCOA BUTTER
Mentega atau minyak kakao adalah lemak nabati berwarna pucat kuning yang merupakan hasil dari pengekstrakan biji kakao. Hasil dari olahan ini biasa digunakan untuk bahan pembuat kue, obat obatan ataupun kosmetik. 

 Liquor (Cocoa Mask)
Cacao Liquor adalah hasil ekstraksi dari biji kakao yang berbentuk cair. Hasil dari olahan ini biasa digunakan untuk bahan pembuatan kue ataupun minuman.
Cocoa Mask

 Cocoa Cake 
Adalah hasil dari ekstraksi cacao liquor atau hasil dari pengepresan cacao liquor hingga menjadi bubuk kasar yang disebut cacao cake. Produk ini juga biasa digunakan untuk bahan pembuatan berbagai macam kue contohnya kue brownies.


 Cocoa Powder (Tepung Coklat)

Adalah merupakan produk akhir dalam olahan biji kakao yang merupakan hasil halus dari cacao cake. Produk ini juga biasa digunakan sebagai bahan campuran untuk kue ataupun minuman.
Cocoa Powder

Semoga Bermanfaat. silahkan share.........

Post a Comment for "EMPAT PRODUK OLAHAN BIJI KAKAO (TEOBROMA CACAO L)"