Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pakai telepon genggam tingkatkan risiko kanker otak?


Pakai telepon genggam tingkatkan risiko kanker otak?Menggunakan telepon genggam sudah menjadi kebiasaan banyak orang sehari-hari. Namun jika Anda terlalu sering menggunakan telepon genggam, sebaiknya berhati-hatilah. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa menggunakan telepon genggam terlalu sering bisa meningkatkan risiko kanker otak hingga tiga kali lipat.

Peneliti menunjukkan bahwa orang yang menggunakan telepon genggam dengan sering selama lebih dari 25 tahun memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker otak dibandingkan dengan orang yang telah menggunakan telepon genggam kurang dari satu tahun, seperti dilansir oleh Daily Mail (11/11).

"Kami menemukan dengan jelas bahwa risiko terkena kanker otak meningkat hingga tiga kali lipat dalam waktu 25 tahun pemakaian," ungkap ketua peneliti Dr Lennart Hardell.

Penelitian ini merupakan penelitian terbesar yang mengaitkan antara penggunaan telepon genggam dengan kanker otak atau tumor otak. Meski begitu penelitian ini tak menunjukkan adanya kaitan antara penggunaan telepon genggam dengan tumor otak selain glioma. Orang yang menggunakan telepon genggam lebih dari 1.486 jam memiliki risiko terkena tumor otak glioma hingga dua kali lipat.

Meski begitu, sayangnya peneliti tak bisa menunjukkan apa yang menyebabkan penggunaan telepon genggam memunculkan tumor atau kanker. Hingga saat ini penelitian tak bisa menemukan bagaimana telepon genggam bisa memicu munculnya kanker. Namun terbukti bahwa penggunaan telepon genggam berkaitan dengan munculnya kanker atau tumor glioma pada otak.

Post a Comment for "Pakai telepon genggam tingkatkan risiko kanker otak?"