Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

TUGAS SILVIKA PERBEDAAN SIKLUS KELVIN DAN SIKLUS CREBS (Reaksi Gelap dan Reaksi Terang)

Perbedaan Siklus Krebs dan Siklus Calvin
Jalur biokimia adalah proses yang sangat penting untuk mempertahankan kehidupan di Bumi. Siklus Krebs dan Siklus Calvin adalah dua jalur biokimia yang sangat penting terjadi di dalam organel sel. Kedua proses ini siklik, tetapi ada banyak perbedaan antara Siklus Krebs dan Siklus Calvin. Tempat-tempat dimana proses ini berlangsung, dan konsumsi atau produksi energi yang berbeda satu sama lain. Artikel ini akan mengulas termasuk perbedaan tambahan antara Siklus Krebs dan Siklus Calvin tersebut yang akan menarik untuk diikuti.
Apa itu Siklus Krebs?
Siklus Krebs hanyalah sebuah bagian dari proses respirasi aerobik yang berlangsung dalam sel. Produksi karbon dioksida dan ATP (adenosine triphosphate) dengan beberapa produk samping lainnya berlangsung selama seluruh proses respirasi sel dan siklus Krebs merupakan bagian penting dari itu. Organisme menyimpan energi dalam bentuk ATP. Proses ini dikenal dengan banyak nama yang berbeda seperti siklus sitrat asam, siklus asam Trikarboksilat, atau siklus Szent-Gyorgyi-Krebs, tapi semua nama-nama ini disebut dalam satu proses yang sama. Karena banyak jenis organisme yang aerobik (tumbuhan, hewan, mikroorganisme), siklus Krebs berlangsung di semua organisme tersebut. Siklus Krebs merupakan langkah penting dari jalur pernapasan di mana asetil koenzim A dipecah dengan oksigen yang mengarah untuk melepaskan energi untuk menghasilkan molekul ATP. Namun, Asetil koenzim A adalah dihasilkan dari substrat pernapasan seperti glukosa, asam amino, atau lemak. Namun, tidak beroperasi tanpa adanya oksigen. Substrat pernapasan dipecah dalam siklus Krebs. Karena siklus Krebs melibatkan baik pemecahan (katabolik) dan sintesis (anabolik) langkah-langkahnya, yang dikenal sebagai jalur amphibolik. Seluruh proses telah dinamai Hans Krebs, yang memenangkan Hadiah Nobel pada tahun 1953 yang menemukan itu.
Siklus Krebs 


Siklus Krebs
Apa itu Siklus Calvin?
Siklus Calvin merupakan langkah penting dari reaksi gelap fotosintesis yang terjadi pada stroma dari kloroplas tanaman hijau. Siklus Calvin adalah jalur biokimia siklik dimana oksigen diproduksi, dan karbon dioksida digunakan. Sesuai definisi, siklus Calvin adalah seperangkat reaksi yang terjadi dalam reaksi gelap fotosintesis, yang berarti bahwa tidak memerlukan sinar matahari. Aktivasi elektron tidak terjadi dalam siklus Calvin, tetapi kebutuhan energi yang diperlukan untuk proses tersebut dipenuhi oleh konsumsi ATP. Secara keseluruhan, itu adalah jalur anabolik, yang membentuk glukosa dari karbon dioksida dan air. Namun, karbohidrat yang dihasilkan dalam siklus Calvin bukan gula heksosa (glukosa dengan enam karbon) sesuai dengan buku teks terbaru, tetapi mereka gula triose fosfat (tiga karbon), alias triose fosfat. Kemudian, itu mengarah untuk menghasilkan gula heksosa dalam mitokondria.
Siklus Calvin



Siklus Calvin
Perbedaan Siklus Krebs vs Siklus Calvin
Siklus Krebs
Siklus Calvin
Bagian dari proses respirasi aerobik
Bagian dari reaksi gelap fotosintesis
Terjadi pada matriks mitokondria
Terjadi pada stroma kloroplas
Mengarah untuk mensintesis ATP
ATP dihabiskan selama proses
Terjadi di semua organisme dengan respirasi aerobik
Terjadi hanya dalam tumbuhan fotosintesis
Karbon dioksida akan diproduksi
Karbon dioksida akan digunakan
Proses ini tidak berlangsung tanpa oksigen
Proses ini tidak menuntut adanya oksigen


Post a Comment for "TUGAS SILVIKA PERBEDAAN SIKLUS KELVIN DAN SIKLUS CREBS (Reaksi Gelap dan Reaksi Terang)"