Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Enam Hal yang Tak KITA Ketahui Tentang Kentang Goreng


Kentang goreng renyah atau french fries adalah salah satu camilan yang banyak disukai. Bukan hanya orang Eropa tapi juga masyarakat Indonesia. Meski tergolong junk food, namun makanan ini termasuk makanan yang paling dicintai di bumi.

Meski penampilannya sama, namun kentang goreng ini punya beragam nama yang berbeda. Ada yang menyebutnya chips, french fires ataupun frites. Meski banyak yang suka, namun ternyata ada banyak hal yang belum diketahui tentang camilan ini.

1. Dari mana sebenarnya french fries berasal?
Perancis, Spanyol, dan Belgia semuanya mengklaim bahwa mereka adalah penemu kentang goreng. Pencinta kentang goreng dari Belgia mengklaim bahwa mereka menyebut kentang goreng sebagai french fries ini karena semua makanan Belgia sangat dekat kekerabatannya dengan Perancis. Sedangkan orang Perancis mengklaim bahwa kentang ini pertama kali dijual oleh pedagang kaki lima di jembatan Pont Neuf tahun 1789.

Sedangkan Spanyol berani mengklaim negara pencipta kentang adalah karena mereka adalah negara pertama yang membawa kentang ini ke dunia baru sehingga punya argumen historis.

2. Kentang goreng Inggris lebih tebal dari Amerika
Anda mungkin berpikir bahwa kentang goreng Inggris yang disebut British Chips dan American Fires adalah sama. Namun kenyataannya, jika melihat bentuk aslinya yang tradisional, keduanya terlihat sangat berbeda.

Chip dipotong lebih tipis, dan mengandung lemak yang lebih sedikit dibanding kentang goreng Amerika.

3. Kentang goreng mengandung akrillamida
Akrilamida, senyawa kimia yang terbentuk ketika makanan bertepung dimasak dalam suhu tinggi. Senyawa ini dianggap sebagai bagian dari karsinogen potensial oleh pemerintah Amerika. Dan kenyataannya, senyawa ini diklaim terbukti menyebabkan tumor pada kelenjar adrenal tiroid dan paru-paru. Namun ini akan terjadi karena konsumsi yang sangat tinggi.

Dalam penelitian tahun 2002, WHO menetapkan bahwa tingkat asupan toksisitasnya 500 kali lebih tinggi dibanding pada diet rata-rata, namun penelitian lanjutan sedang dilakukan.

4. McDonal "kuasai" pasar kentang
Sekitar tujuh persen dari seluruh kentang yang ditanam di Amerika Serikat berubah menjadi kentang goreng McDonald. Perusahaan makanan siap saji ini menjual lebih dari sepertiga kentang goreng yang ada di restoran.

5. Thomas Jefferson perkenalkan kentang goreng ke Amerika
Jefferson menyajikan kentang goreng dengan cara Perancis dalam acara makan malam di Gedung Putih tahun 1802.

6. Jangan mengambil kentang kekasih Anda
Percaya atau tidak, masalah sepele bisa jadi penyebab pertengkaran. Salah satunya adalah mencomot kentang goreng dari piring kekasih Anda.

Mengambil kentang goreng milik pacar Anda, mengutip Mirror, diduga sebagai salah satu penyebab pertengkaran kekasih paling umum yang terjadi di restoran.(CNN Indonesia )

Siapa nih yang suka kentang goreng..?

Post a Comment for "Enam Hal yang Tak KITA Ketahui Tentang Kentang Goreng"